Mengisi Air dan Charge Aki Mobil, Baca Ini Agar Tidak Salah

Cara Mengisi Air dan Charge Aki (accu) Mobil Yang Benar - Aki (Accu) mobil merupakan sumber energi bagi kendaraan yang digunakan untuk menggerakkan starter dan juga untuk sumber energi lampu-lampu dan instrumen lainnya. Terdapat 2 Jenis Akki (accu) mobil yang sering digunakan yaitu aki kering dan aki basah. Aki kering tetap menggunakan cairan aki (Accu Zuur), namun diisi langsung dari pabrik, sedangkan aki basah menggunakan cairan yang dapat diisi oleh pengguna.
Cairan ini bersifat asam dan level cairan ini dapat berkurang jika aki digunakan.  Reaksi antara cairan dan sel-sel yang terdapat dalam aki dapat menghasilkan listrik, dan penggunaan terus menerus akan menyebabkan endapan-endapan pada sel-sel aki. Oleh karena itu, perlu dilakukan pengisian energi listrik dengan cara cas (charge).
Cara Mengisi Air Aki, Cara mengisi daya aki, cara charge aki mobil, Tips Berkendara, perbedaan aki basah dan aki kering, penyebab aki cepat abis atau drop, cara mengisi air aki mobil,

Pengecasan (recharge) ini akan menyebabkan endapan-endapan pada sel-sel tersebut yang akan mengembalikan kadar asam cairan, sehingga mampu menghasilkan energi listrik kembali. Namun jika endapan dalam sel-sel aki sudah terlalu banyak dan tidak mampu diurai kembali, maka sebaiknya aki harus diganti dengan yang baru.

Apa Perbedaan Aki Basah dan Aki Kering ?

Perbedaan pada kedua jenis aki (accu) ini tidaklah begitu banyak, aki kering pun masih menggunakan cairan di dalam aki. Hanya saja pengisian cairan langsung dilakukan oleh pabrik pembuatnya, dan tidak ada lubang-lubang untuk melakukan pengisian cairan sendiri.

Sedangkan aki basah memiliki lubang-lubang untu mengisi ulang air akinya, dengan begitu kita tidak perlu khawatir jika cairan dalam aki levelnya menurun. Cukup buka tutup pada sel-sel aki, lalu tambahkan air aki pada masing-masing kompartemen.

Bagaimana Cara Mengetahui Kondisi Air Aki Yang Kurang ?

Pada aki kering, tidak perlu repot untuk memeriksa kondisi level air aki. Karena aki ini cukup sekali diisi dan digunakan sampai habis. Jika cairan habis, maka kita tidak bisa mengisi ulang air akinya. Lakukan pergantian dengan aki yang baru.

Sedangkan untuk aki basah, kondisi level air aki ditunjukkan dengan 2 indikator yaitu upper level (level maks) dan lower level (level rendah). Kondisi air aki (accu zuur) yang kurang ditunjukkan dengan level cairan pada lower level.

Apa saja Yang Sering menyebabkan Aki (accu) Ngedrop?

Berkurangnya energi listrik dalam aki (accu) diperngaruhi oleh banyak faktor, namun hal yang paling sering menyebabkan aki mobil ngedrop adalah lupa mematikan lampu depan saat mobil mati, lupa menambah cairan aki (untuk aki basah).

Bagaimana Cara Mengisi Air Aki Mobil Yang Benar

Ingat..Jangan Pernah Menambah Air Aki (Accu Zuur) saat Kondisi Aki masih Panas 

Ada beberapa langkah untuk melakukan pengisian air aki yang baik dan benar, diantaranya:
  1. Siapkan Air Aki (accu zuur) baru
  2. Buka semua tutup yang ada di aki (accu)
  3. Tambahkan air aki baru ke dalam aki sampai rata batas sel-sel atau pemisah kompartemen.
  4. Tutup kembali aki tersebut
Bagaimana Cara Mengisi Daya (recharge) Aki Mobil Yang Benar
 
Untuk mengisi daya (charge) aki tidak perlu menurunkan aki dari mobil, pengisian daya dapat dilakukan dengan aki tetap di mobil. Berikut beberapa langkah cara mengisi daya aki yang baik dan benar:
  1. Siapkan adaptor yang mampu merubah arus bolak balik (AC) ke Arus searah (DC), bisanya yang digunakan adalah 13,8 Volt yang banyak dijual di toko elektronik.
  2. Kendurkan penutup aki untuk menghindari ledakan karena air aki yang menguap.
  3. Sambungkan kabel charger positif ke kutup positif aki, dan negatif ke negatif aki.
  4. Setting tegangan pada 14 volt agar aki bisa terisi penuh
  5. Lakukan pengisian sampai kondisi daya pada aki full, bisanya akan memakan waktu 8 jam.
  6. Kencangkan kembali tutup aki jika pengisian sudah penuh.
Demikian Atikel tentang Cara Mengisi Air Aki dan Charge Aki Mobil, perawatan dan pengecekan secara berkala sangat diperlukan agar aki mobil anda memiliki umur pakai yang panjang.

loading...
5 komentar:
Write komentar
  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  2. Kalau aki baru, salah isi dwngan air aku biasa (bukan zurr), apakah bisa rusak akinya ?

    BalasHapus
  3. Bukan orang indonesia kalo bilamg accu kering tidak bisa di perbaiki
    Makanya accu second msh ada harganya..

    BalasHapus
  4. Charger Aki Otomatis Terbaik Saat Ini "Automac Charger Aki Otomatis Dual System Canggih Auto ON Auto OFF", Asli Produk Indonesia. Supportlah Produk Produk Asli Bangsa Indonesia

    www.automacindo.com

    BalasHapus