Mengisi Air Radiator CB150R, Perhatikan Cara Ini

Cara Mengisi Air Radiator CB150R - Mengganti air radiator CB 150R merupakan salah satu perawatan yang harus dilakukan agar kualitas mesin motor Honda CB150R anda tetap prima. Kondisi Radiator yang kekurangan cairan pendingin akan sangat berpengaruh terhadap temperatur mesin motor anda. Terutama pada motor dengan tenaga besar seperti CB150R, harus sering dicek kondisi air radiatornya. Penambahan wajib dilakukan apabila kondisi coolant di reservoir sudah mulai sedikit.

Bagaimana Cara Mengetahui Kondisi Ketersediaan Cairan Radiator Motor CB150R
CB150R
Untuk mengetahui kondisi cairan pendingin radiator (coolant) dapat dilakukan dengan melakukan pemeriksaan motor anda secara berkala atau setiap akan digunakan.Pengecekan dapat dilakukan dengan melihat ketersediaan coolant di radiator dan tabung reservoir. Pengecekan di radiator Cb150R terbilang cukup mudah, karena posisinya cukup mudah dijangkau.

Namun pemeriksaan tabung reservoir Honda CB150R cukup memerlukan sedikit pengorbanan, posisinya dekat monoshock di belakang mesin. Periksa level pada reservoir, jika kondisinya masih 1/4 bagian lebih berarti masih aman. Namun sebaiknya ditambah lagi, penambahan cukup sampai 2/3 bagian tabung saja. Jangan terlalu penuh.

Mengapa Mesin Honda CB150R Sangat Panas

Banya keluhan yang dirasakan oleh pengguna CB150R mengenai kondisi mesin yang sangat panas, namun hal ini sebenarnya tidak perlu dikhawatirkan. Mari ditelaah bersama mengenai pengecekan level coolant dan periode pergantian coolant pada motor anda.

Jika anda melakukan penambahan cairan pendingin pada tabung reservoir namun kondisi mesin masih panas, itu disebabkan karena kondisi cairan pendingin pada radiatornya habis. Jika anda hanya menambah coolant di tabung resrvoir saja, maka kondisi mesin akan cepat panas kembali dan coolant yang di reservoir akan cepat berkurang.

Lakukan pengisian pada radiator Cb150R terlebih dahulu, baru lakukan penambahan pada tabung reservoirnya.

Bagaimana Cara Mengisi atau Mengganti Air Radiator Motor CB150R
  
INGAT..
JANGAN PERNAH MEMBUKA RADIATOR SAAT KONDISI MASIH PANAS
POTENSI TERSEMBUR AIR RADIATOR CUKUP BESAR

Cara Mengganti dan Mengisi air Radiator Motor Honda CB150R tidak semudah cara mengisi air radiator motor Vario dan cara mengisi air radiator di Motor Vixion, mengganti air radiator CB150R memerlukan usaha yang lebih karena posisi radiator dan reservoir yang sidikit tertutup. Berikut beberapa langkah cara mengisi air radiator di CB150R:
mengisi radiator Cb150R
Mengganti atau Mengisi cairan pendingin (Coolant) di Radiator CB150R
  1. Siapkan air radiator baru (radiator coolant), radiator flusher, wadah penampung dan kunci untuk membuka baut pembuangan cairan radiator (kunci 8).
  2. Buka tutup radiator yang terdapat di atas radiator lalu buang sedikit airnya dengan membuka baut pembuangan yang berada di kanan mesin (dekat dengan penutup oli) atau buka clamp selang yang ada di atas baut 8. Jangan buang semua, sisakan sedikit untuk melakukan flushing.
  3. Kencangkan baut pembuangan tadi lalu tuangkan radiator flush melalui lubang masuk dibagian atas. Pasang tutup radiator dan hidupkan mesin kurang lebih 10 menit. Hal ini bertujuan agar saluran pendingin radiator bersih.
  4. Matikan mesin dan tunggu sampai mesin dingin. Buang kembali semua air radiator melalui lubang pembuangan sampai benar-benar habis.
  5. Jika sudah pasang kembali baut lubang pembuangan tersebut.
  6. Tuangkan radiator coolant yang baru ke radiator sampai penuh, kemudian turup kembali radiator.
Mengganti Air Radiator di reservoir CB150R
  1. Lepaskan selang dari reservoir dari niple Radiator
  2. Tiriskan coolant yang ada di reservoir sampai kering
  3. Pasang kembali selang ke niple radiator
  4. Isi air radiator ke tabung reservoir sampai 2/3 bagian saja.
  5. Tutup Tabung reservoir
  6. Hidupkan mesin lagi agar cairan pendingin bisa merata ke seluruh bagian. Apabila didapati volume air radiator berkurang, isi lagi dengan radiator coolant.
Gunakan coolant yang memang biasa digunakan oleh motor anda, atau jika anda bingung dapat konsultasi ke dealer Honda dimana anda beli atau biasa anda melakukan pemeliharaan (service).

Demikian Atikel tentang Cara Mengisi atau Mengganti Air Radiator Honda CB150R, lakukan pengecekan kondisi cairan radiator secara berkala dan lakukan pengisian secara benar agar kondisi temperatur motor CB150R anda tetap stabil yang akan mempengaruhi kenyamanan anda dalam berkendara.

loading...
3 komentar:
Write komentar
  1. Artikel yg bermanfaat. Terimakasih untuk berbagi ilmunya

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  3. terima kasih sangat bermanfaat.

    BalasHapus