Perhatikan Ini Saat Mengisi Daftar Riwayat Hidup

Cara Membuat Daftar Riwayat Hidup (curriculum Vitae) Yang Benar - Daftar Riwayat Hidup (curriculum Vitae) merupakan dokumen yang memberikan gambaran pengalaman seseorang dan kualitas yang lainnya, daftar riwayat hidup atau sering disebut juga dengan CV sering digunakan untuk kelengkapan dalam melamar pekerjaan.


Bagaimana Format Daftar Riwayat Hidup Yang Baik
Cara mengisi daftar riwayat hidup, contoh daftar riwayat hidup (curriculum vitae) yang baik, daftar riwayat hidup (curriculum vitae), Format daftar riwayat hidup yang benar, Mengisi Form,

Di dalam pembuatan Daftar Riwayat Hidup (Curricullum Vitae) tidak ada format baku yang digunakan sebagai acuan dalam membuatnya. format CV dapat dibuat sesuai dengan keiinginan. Namun, yang perlu dipertimbangkan adalah kejelasan dan kerapihan dari penulisan sehingga mudah dibaca dan tidak terkesan terlalu dibuat-buat.

Daftar Riwayat hidup menjadi dasar pertimbangan seseorang untuk mendapat panggilan kerja dari suatu perusahaan. Oleh karena itu penulisan harus jelas dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Apa Saja Yang Perlu Dicatumkan Dalam Daftar Riwayat Hidup (curriculum vitae)

Hal-hal yang perlu dicantumkan dalam CV haruslah menjelaskan atau menggambarkan perjalanan hidup terkait pengalaman dan latar belakang pendidikan dan pelatihan  yang pernah diikuti. Berikut Beberapa hal yang perlu dicantumkan dalam daftar riwayat hidup (CV):
  1. Foto Terbaru
  2. Nama
  3. Tempat tanggal lahir
  4. Alamat Terbaru
  5. Daftar pendidikan Formal (SD, SMP, SMU, Perguruan tinggi), biasanya ditulis dari urutan universitas terlebih dahulu
  6. Daftar pelatihan (training, diklat, dan lain-lain)
  7. Daftar keahlian (misal: MS Office, Auto cad, Photoshop, Corel Draw, dan lain-lain)
  8. Keahlian Bahasa yang dikuasai
  9. Daftar pengalaman Kerja (pernah bekerja dimana saja)
Bagaimana Contoh Daftar Riwayat Hidup Yang Sederhana Namun Baik dan Benar
Cara membuat daftar riwayat Hidup yang baik dan benar adalah dengan menuliskan serapi mungkin dengan bahasa yang baik dan sopan, serta menggunakan kata-kata yang dapat membuat pembaca tertarik.

Jangan pernah menghias daftar riwayat hidup (curriculum vitae) dengan hal-hal yang terlalu berlebihan, misalnya memberikan garis border (garis pembatas) dengan warna dan bentuk garis yang tidak enak dipandang.

Jika anda membuat daftar riwayat hidup (curriculum vitae) dengan tulisan tangan, maka usahakan tulisan tangan anda dapat dibaca. Jangan menggunakan bentuk-bentuk tulisan yang sulit dibaca oleh orang lain karena pengaruh hiasan atau ukiran-ukiran huruf yang dibuat-buat.

Cukup ketik atau tulis daftar riwayat hidup (curriculum vitae) anda dengan yang sederhana, namun tetap memperhatikan keserasian dan kerapihan, seperti rata kiri dan kanan, spasi, besar dan kecilnya huruf, warna huruf, dan tata bahasa menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Demikian Atikel tentang bagaimana cara membuat atau mengisi daftar riwayat hidup (curriculum vitae) yang baik dan benar untuk keperluan lamaran pekerjaan. Hal yang perlu terus diingat adalah daftar riwayat hidup (curriculum vitae) merupakan gambaran terhadap bagaimana diri anda, oleh karena itu buatlah sebaik mungkin agar orang lain tertarik untu merekrut anda. Bagaimana format baku daftar riwayat hidup (curriculum vitae) tidak perlu dirisaukan karena belum ada standar baku terkait format daftar riwayat hidup (curriculum vitae).

loading...
Tidak ada komentar:
Write komentar