Mengisi Air Radiator Mobil Avanza, Baca Ini Agar Tidak Salah

Cara Mengisi Air Radiator Mobil Avanza Yang Benar - Radiator merupakan sistem pendingin mesin dengan menggunakan cairan sebagai bahan utamanya, cairan air radiator yang sering disebut dengan coolant ini berfungsi menjaga temperatur mesin agat tidak kelebihan panas (over heat). Kekurangan atau kehabisan cairan pada radiator akan sangat membahayakan baik bagi mobil itu sendiri dan juga bahaya bagi pengemudinya.
Tanda awal kekurangan cairan radiator biasanya akan ditunjukkan oleh panel indikator temperatur mesin yang ada di dashboard belakang kemudi (steer). Jika kondisi kekurangan coolant sangat parah, maka mobil akan mengeluarkan asap akibat kelebihan panas pada mesin. Oleh karena itu cairan pendingin pada radiator mobil harus selalu diisi atau diganti jika diperlukan.

radiator avanza, mengisi air radiator avanza


Bagaimana Cara Mengetahui Kondisi Ketersediaan Cairan Radiator

Untuk mengetahui kondisi cairan pendingin radiator (coolant) dapat dilakukan dengan melakukan pemeriksaan mobil setiap pagi atau setiap akan dikemudikan. Buka penutup mesin mobil avanza anda, dan lihatlah kondisi cadangan coolant yang ada di tabung resevoir. Jika kondisi permukaan cairan sudah dibawah low (garis paling bawah), maka perlu dilakukan penambahan atau pengisian coolant.

Apa saja Bahaya Yang Bisa Timbul Saat Mengisi atau Mengganti air Radiator Avanza

Bahaya yang dapat timbul ketika mengisi air radiator pada mobil adalah jari tangan terjepit kap mesin, salah coolant yang akan mengakibatkan tidak efektifnya pendinginan mesin, dan juga tersembur air radiator yang panas (jika kondisi masih panas).

Bagaimana Cara Mengisi atau Mengganti Air Radiator Mobil Avanza
  
INGAT..
JANGAN PERNAH MENGISI AIR RADIATOR SAAT KONDISI MASIH PANAS
POTENSI TERSEMBUR AIR RADIATOR CUKUP BESAR
Ada beberapa langkah untuk melakukan pengisian air radiator mobil avanza, diantaranya:

  1. Siapkan air radiator baru (radiator coolant), radiator flusher, wadah penampung dan kunci untuk membuka baut pembuangan cairan radiator.
  2. Buka tutup radiator yang terdapat di atas radiator lalu buang sedikit airnya dengan membuka baut pembuangan yang berada di bagian bawah. Buang air radiator sekitar 300 ml.
  3. Kencangkan baut pembuangan tadi lalu tuangkan radiator flush melalui lubang masuk dibagian atas. Pasang tutup radiator dan hidupkan mesin kurang lebih 10 menit. Hal ini bertujuan agar saluran pendingin radiator bersih.
  4. Matikan mesin dan tunggu sampai mesin dingin. Buang semua air radiator melalui lubang pembuangan yang ada di bawah. 
  5. Jika sudah pasang kembali baut lubang pembuangan tersebut.
  6. Tuangkan radiator coolant yang baru sampai penuh dan isi juga tabung reservoirnya.
  7. Hidupkan mesin lagi agar cairan pendingin bisa merata ke seluruh bagian. Apabila didapati volume radiator berkurang, isi lagi dengan radiator coolant sampai penuh.
  8. Agar tidak terdapat gelembung udara dalam sistem, buka tutup bleeding udara sampai coolant keluar.
Gunakan coolant yang memang biasa digunakan oleh mobil anda, atau jika anda bingung dapat konsultasi ke dealer dimana anda beli atau biasa anda melakukan pemeliharaan (service).

Demikian Atikel tentang Cara Mengisi Air Radiator pada Mobil Avanza yang baik dan benar, lakukan pengecekan kondisi cairan radiator secara berkala dan lakukan pengisian secara benar agar mobil nada tetap dalam kondisi prima dan tidak menimbulkan masalah saat dikemudikan. Jika anda mengalami kehabisan air radiator pada saat perjalanan dan kondisi mesin panas, maka lakukan cara mengisi air radiator mobil saat kondisi panas yang benar agar tidak membahayakan bagi anda.

loading...
Tidak ada komentar:
Write komentar