Cara Mengisi Masa Liburan Anak Agar Tetap "HEMAT"

Tips Mengisi Hari Liburan Anak - Masa liburan sekolah anak bisa membuat sebagian orang tua kebingungan untuk memikirkan kegiatan-kegiatan untuk mengisi liburan anak, sebagian orang tua akan mengajak anak-anaknya pergi berlibur ke pusat perbelanjaan, tempat wisata di sekitar tempat tinggal, pergi ke luar kota, dan sebagian mengisi masa liburan anak di rumah saja. Tentunya semua ini memiliki pertimbangan masing-masing. Masa liburan juga kerap dikaitkan dengan boros, pengeluaran keluarga akan meningkat tajam pada masa liburan anak. Untuk mengantisipasi hal tersebut, ada beberapa pilihan untuk mengisi masa Liburan anak agar tidak terlalu boros.

1. Memancing


Memancing sering membuat anak-anak senang terutama anak laki-laki, carilah pemancingan atau sungai di dekat tempat tinggal anda. Ajak keluarga untuk mincing bersama-sama, hasil yang didapat diolah dan dimakan bersama-sama. Anak akan merasa senang terutama jika dia mampu mendapatkan ikan yang besar.

Buatlah suasana menyenangkan dengan membuat camping kecil-kecilan bersama keluarga kecil anda.

2. Berenang

Bermain air merupakan hal yang paling banyak anak-anak senangi, hal ini dapat terlihat dari susahnya anak-anak diminta berhenti saat mandi. Mengajak berenang anak-anak akan memberikan pengalaman baru bagi mereka, selain itu dapat menjadi media mengajarkan anak cara berenang.

Carilah kolam renang atau sungai yang bersih (Ingat: jangan sungai yang deras arusnya), ajak anak-anak anda untuk bermain air dan berenang bersama-sama.

3. Membuat Karya dari Barang Bekas

Mengajarkan anak-anak untuk lebih kreatif dengan mengolah barang-barang yang sudah tidak digunakan menjadi mainan atau karya seni lainnya. Beberapa benda yang dapat dihasilkan dari barang bekas diantaranya adalah pot bunga, hiasan dinding, hiasan kamar, dan lain sebagainya.

4. Camping di Kebun atau Halaman Rumah


Ciptakan suasana baru dengan membuat tenda di kebun atau Halaman rumah anda, bermalamlah di tenda tersebut agar menghasilkan suasana baru bagi anak-anak anda. Ciptakan permainan-permaianan dengan anggota keluarga layaknya melakukan outbond.

Itulah beberapa ide untuk mengisi hari libur anak agar tidak mengeluarkan biaya yang besar, libur anak tetap berkesan namun juga tetap hemat.

3 komentar:
Write komentar