Mengisi Kegiatan Di Bulan Puasa Ramadhan, Lakukan Ini Agar Lebih Bermanfaat

Cara Mengisi Kegiatan Di Bulan Puasa Ramadhan- Bulan ramadhan merupakan salah satu bulan yang sangat dinanti-nanti oleh umat islam, pada bulan tersebut umat islam akan melakukan puasa di siang hari selama sebulan penuh. Bulan ramadhan merupakan bulan kemuliaan, amalan-amalan yang dilakukan akan dinilai sebagai pahala bahkan dilipat gandakan....

Pada saat melakukan puasa, orang islam akan menahan haus dan lapar serta hal-hal lain yang membatalkan puasa mulai dari pagi hari (imsak) sampai maghrib. Dalam melakukan puasa tidak jarang banyak orang yang mengurangi kegiatan dengan alasan agar tidak banyak menguras tenaga.

Kegiatan Bulan Puasa, Mengisi bulan puasa ramadhan, Kegiatan untuk mengisi bulan puasa, Tips kegiatan di bulan ramadhan, contoh aktivitas di bulan puasa ramadhan


Namun, sebagian lagi justru tidak terpengaruh dengan kondisi menahan lapar dan haus tersebut. Mereka tetap melakukan kegiatan seperti biasa karena akan mendatangkan banyak pahala bagi mereka.

Bagi Anda yang sedang menjalankan puasa pada bulan ramadhan dan ingin mengisi hari-hari Anda dengan kegiatan yang bermanfaat. Berikut beberapa tips kegiatan di bulan puasa ramadhan yang bisa Anda coba....

1. Mengaji Adalah Amalan Yang Sangat Baik Terutama Di Bulan Puasa, Bacalah Alquran Secara Rutin


Membaca Alquran memang tidak hanya dianjurkan pada bulan ramadhan saja, Alquran sebaiknya selalu dibaca dan dipelajari oleh umat islam. Namun pada Bulan Ramadhan lah Alquran di turunkan, sesuai dengan firman Allah :

Allah Ta’ala berfirman,
شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي أُنزِلَ فِيهِ الْقُرْءَانُ هُدًى لِّلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِنَ الْهُدَى وَالْفُرْقَانِ

(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al-Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang batil)” QS. (Al Baqarah : 185)

 Membaca Alquran sendiri banyak memberikan manfaat bagi yang membacanya, banyak hadist yang menerangkan tentang kutamaan dalam membaca Alquran.

dari pada Anda .banyak tidur, lebih baik mulai untuk membaca Alquran...

2. Walaupun Sedang Puasa, Tubuh Anda Juga Perlu Olahraga


Menjalankan puasa memang sering membuat tubuh akan menjadi lemas karena kurangnya asupan cairan, Namun hal ini bukan berarti membuat Anda tidak mau melakukan Olahraga..

Sebagian besar orang yang menjalankan puasa menghindari kegiatan yang berat seperti olahraga karena khawatir energinya akan terkuras dan membuat semakin lemas... Alasan seperti ini memang tidak ada salahnya, kegiatan-kegiatan yang menguras tenaga seperti olahraga sebaiknya tidak dilakukan secara berlebihan karena akan membuat Anda semakin banyak kekurangan energi..

Namun bukan berarti tidak dilakukan sama sekali...

Olahraga yang ringan dan pemilihan waktu yang tepat akan mebantu Anda yang sedang berpuasa tetap dalam kondisi prima. Coba Anda bandingkan sendiri, jika puasa yang Anda jalankan diiringi dengan olahraga yang tepat dibanding dengan puasa yang diiringi dengan tidur yang banyak..

Tips untuk tetap bugar dengan berolahraga di bulan Puasa sebaiknya dilakukan pada sore hari menjelang buka puasa.. Saat sore ini Anda bisa melakukan kegiatan yang sedikit lebih berat.. Namun jika Anda hanya punya waktu pagi hari, maka lakukan olahraga ringan saja seperti jalan kaki atau senam yang ringan....

3. Menyiapkan Menu Makanan Untuk Berbuka


Berbuka puasa adalah salah satu kenikmatan yang dinanti-nantikan oleh Orang yang berpuasa, biasanya berbagai macam menu makanan akan tersaji di meja makan saat menjelang magrib.

Menu camilan dan makanan berat pun tersaji dengan rapi di meja makan... Sebagian orang memilih untuk membeli di penjual takjil yang ramai di saat bulan ramadhan, namun bagi sebagian Ibu-Ibu yang lainnya memilih untuk membuat makanan buka puasa sendiri..

Bagi Anda yang bisa memasak, menyiapkan menu buka puasa akan sangat bermanfaat dilakukan pada saat puasa..Selain untuk mengisi waktu Anda, menyiapkan makanan tentu akan menghadirkan banyak pahala bagi Anda, karena Anda memberi makanan pada orang yang berpuasa...

Jika Anda jeli membaca peluang, menjual makanan di bulan puasa juga bisa menjadi bisnis musiman dan bisa menambah uang jajan untuk kebutuhan hari raya..

Pilihan lain adalah Anda bagikan makanan gratis di masjid... Wahhhhh...tentu amalan Anda akan mengalir terus..

4. Membersihkan Masjid


Bagi Anda yang bingung mencari kegiatan yang cocok dilakukan saat bulan puasa ramadhan, Anda bisa mencoba untuk mengisi dengan kegiatan yang bermanfaat yaitu membersihkan masjid...

Pada bulan puasa, biasanya masjid akan didatangi jamaah lebih banyak dari biasanya..

Anda bisa memanfaatkn bulan puasa dengan kegiatan membersihkan masjid, misalnya menyapu dan mengepel masjid...dan untuk menjelang hari raya, Anda bisa mengajak teman-teman Anda untuk mengecat dan membersihkan rumput-rumput di halaman Masjid..

Kegiatan ini akan banyak menghadirkan manfaat bagi Anda dan tentunya waktu puasa Anda tidak akan terasa berat jika diisi dengan kesibukan...

5. Silaturahmi Ke Rumah Saudara Atau Teman


Alternatif kegiatan yang dapat dilakukan untuk mengisi bulan puasa ramadhan adalah mengunjungi keluarga ataupun teman..

Silaturahmi merupakan amalan yang baik yang sangat dianjurkan, kegiatan ini memiliki banyak keutamaan, diantaranya adalah dipanjangkan umur dan diluaskan rizki oleh Allah SWT..

Itulah 5 Tips yang dapat Anda lakukan untuk mengisi kegiatan di Bulan Puasa Ramadhan. Melakukan kegiatan yang bermanfaat akan membuat amalan puasa Anda lebih banyak dan menghindarkan dari perbuatan sia-sia atau bahkan yang dapat membatalkan puasa... selamat mencoba..dan Selamat Menjalankan Ibadah Puasa

Silakan dishare ya..terima kasih...

1 komentar:
Write komentar