Cara Aman Mengisi Air Radiator Mobil Saat Masih Panas

Cara Mengisi Air Radiator Mobil Saat Masih Panas - Air radiator merupakan bagian yang vital pada operasional kendaraan anda, jika air dalam radiator mobil anda habis dapat berakibat pada kelebihan suhu pada mesin (overheat), tentunya ini akan sangat membuat anda kebingungan jika terjadi saat anda dalam perjalanan. Pemeriksaan ketersediaan air dalam radiator sebaiknya dilakukan secara berkala setiap akan menggunakan mobil.

Namun, jika anda anda terburu-buru dan lupa melakukan pengecekan sehingga air dalam radiator mobil anda habis, maka lakukan beberapa langkah ini untuk melakukan pengisian air radiatir yang masih panas.

air radiator, radiator panas, mengisi air radiator, menambah air radiator

Buka cover engine (kap Mesin) anda secara perlahan

Lakukan pembukaan kap mesin secara perlahan dengan tetap memperhatikan uang atau asap yang keluar dari radiator anda. Jangan sampai asap tersebit mengenai mata anda atau tanngan anda menyentuh bagian yang panas pada mesin.

Setelah dibuka, biarkan sampai asap itu hilang agar pandangan anda saat membuka radiator juga mudah.

Membuka penutup radiator

INGAT.. Jangan pernah membuka penutup radiator secara langsung saat kondisinya sangat panas, tekanan dalam radiator akan mebuat air panas menyembur.

Biarkan kondisi radiator sampai suhunya turun, anda dapat membuka penutup radiator tanpa menunggu radiator sampai dingin. Cara yang paling aman adalah ambillah kain lap, basahi dengan air. Lalu bukalah tutup radiator dengan menggunakan kain lap yang basah tadi, putar secara perlahan-lahan sambil mengeluarkan tekanan dari dalam radiator.

Pastikan kain lap tadi bisa menahan semburan air jika terjadi semburan, bukalah secara perlahan dan bertahap, jangan membuka secara langsung penutup radiatornya. Membuka perlahan dapat berguna untuk mengurangi tekanan dalam radiator, sehingga air panas dalam radiator tidak menyembur keluar. 

Mengisi Air Radiator Tambahan

Menambah air radiator dalam kondisi masih panas akan memberikan bahaya jika tidak berhati-hati. Setelah tutup radiator terbuka, maka biarkan radiator sejenak agar uap panas keluar dan suhu air dalam radiator menurun. Setelah itu, masukkan air radiator tambahan secara perlahan-lahan.

Setelah air radiator sudah ditambahkan, lakukan penutupan kembali radiator. Tetap gunakan lap basah tadi untuk membantu dalam memegang tutup radiator agar tidak menyentuh bagian panas radiator. Putar penutup radiator sampai kencang, dan selanjutnya tutup kap mesin anda kembali.

Itulah beberapa langkah cara mengisi atau menambah air radiator mobil pada saat kondisi masih panas. Namun, langkah terbaik untuk menghindari kemungkinan air radiator mengalami kehabisan atau kering adalah dengan cara melakukan pemeriksaan mobil secara berkala setiap akan dikemudikan. Penambahan air radiator akan lebih aman jika dilakukan pada saat kondisi radiator dingin, dan tentunya tidak akan menghambat perjalanan anda.

loading...
Tidak ada komentar:
Write komentar